Review Laptop Gaming: ASUS ROG Strix G15 G512L

Stepneyhardware – Pada awal Agustus lalu, ASUS meluncurkan laptop ROG terbaru yang ditenagai oleh prosesor seri Intel Core H generasi kesepuluh di Indonesia. Termasuk ROG Zephyrus Duo 15 dengan layar sekunder bernama ROG ScreenPad Plus dan ROG Zephyrus S17 dengan layar besar 17,3 inci. Serta ROG Zephyrus S15, ROG Zephyrus M15, ROG Strix SCAR 15/17 dan ROG Strix G15 / 17. Laptop ROG tahun ini mengalami penyempurnaan di berbagai sisi dan harganya berkisar Rp 16.299.000 untuk varian dasar ROG Strix G15 dan hingga Rp 95.999.000 untuk varian tertinggi ROG Zephyrus Duo. Kali ini Dailysocial menghadirkan ROG Strix G15 G512L, laptop ROG terbaru dan paling terjangkau dari ASUS, tanpa mengorbankan fitur-fitur penting dari setiap laptop ROG. Unit review ASUS ROG Strix G15 G512L yang saya uji adalah versi terbaik dengan prosesor Intel Core i7-10750H generasi kesepuluh dan chip grafis NVIDIA GeForce RTX 2060. Kombinasi keduanya memastikan dapat menjalankan game eSports dengan frekuensi gambar tinggi berkat panel penyegaran. 144Hz. Berikut ini adalah ikhtisar lengkap ASUS ROG Strix G15 G512L dan ini adalah spesifikasi menurut CPU-Z dan GPU-Z. Berikut review duniamasa.

Desain BMW Designworks Group

Dari segi desain, ROG Strix G15 hadir kembali dengan desain khas yang merangkul kolaborasi antara tim ROG dan BMW Designworks Group. Terlihat sporty seperti pendahulunya, namun sebagai laptop dengan kisaran harga terjangkau, hampir semua bagian bodi terbuat dari plastik. Meski demikian, kualitas build ROG Strix G15 menurut saya cukup mantap dan membantu karena desainnya yang unik. Bagian depan memiliki logo ROG tanpa lampu RGB dan engsel layarnya terinspirasi dari pintu camar mobil sport yang memberikan ruang ekstra untuk ventilasi dan masuk ke laptop saat layar terkunci. Kemudian, di bagian belakang engsel, terdapat desain cut-out asimetris yang cukup tebal, membentuk bagian dari sistem pendingin dan memuat sejumlah port.

Sayangnya desain ini membuat bagian belakang lebih panjang, alhasil ROG Strix G15 kurang portabel untuk dibawa bepergian. Dengan berat 2,3 kg dan dimensi 36 × 27,5 × 2,1-2,58 cm, laptop ini tidak muat ketika saya taruh di kompartemen laptop ransel standar yang kompatibel dengan laptop 15 inci. Untuk kelengkapan fitur port I / O, bagian kanan dikosongkan agar tidak mengganggu penggunaan mouse. Tiga port USB 3.2 Gen 1 dan jack headphone ditempatkan di sebelah kiri. Selebihnya ada di bagian belakang, terdapat port LAN, HDMI, USB 3.2 Gen 2 Type-C yang mendukung DisplayPort dan charger. Sementara itu, koneksi nirkabel dilengkapi modul WiFi 6 (802.11ax) dual-band yang merupakan WiFi generasi terbaru. ROG Strix G15 tersedia dalam tiga pilihan warna. Selain warna hitam asli yang saya cek, ada juga warna Glacier Blue khusus yang cocok untuk pembuat konten atau gamer yang ingin tampil beda. Juga Electro Punk yang memadukan representasi metal dengan warna pink yang senada dengan tema yang dibawanya. Sehingga laptop ini cocok menjadi rekomendasi laptop gaming yang harus dibeli.

Layar dan keyboard

Sebagai laptop ASUS, ASUS merupakan panel dengan refresh rate 144Hz tinggi dengan response time 3 ms, bahkan ada varian layar 240Hz. Refresh rate yang semakin tinggi tidak hanya membuat bermain game semakin nyaman, tapi juga membuatmu semakin responsif. Ukuran layarnya yang 15,6 inci cukup besar memberikan kemudahan untuk bermain game dan bekerja lebih efisien dengan multitasking. Berbekal panel level IPS dengan resolusi Full HD dengan ruang warna 65% sRGB. Kualitas gambar dan sudut pandangnya bagus, hanya saja keakuratan warnanya kurang tinggi. Untuk kegiatan editing foto atau video yang membutuhkan akurasi tinggi, solusinya mungkin menggunakan monitor eksternal. Tepi layar cukup tipis untuk standar laptop tahun 2020 dan ASUS tidak memiliki webcam. ROG Strix G15 bisa dibilang sebuah laptop dan dilengkapi dengan lampu RGB 4 zona pada keyboard dan 1 zona di tiga sisi, kanan dan kiri, serta bagian depan laptop siap meramaikan meja permainan Anda. Mengetik di papan ketik ROG Strix G15 adalah pengalaman yang sangat menyenangkan, memiliki umpan balik sentuhan yang baik, dan banyak merespons tekanan jari. Terdapat keyboard WASD yang berwarna transparan dan juga berisi rollover tombol N, di mana setiap tombol atau kombinasi tombol yang ditekan akan dikenali oleh sistem laptop sebagai perintah tertentu. Di bagian atas terdapat shortcut keyboard untuk mengatur volume up, volume down, mute, dan quick link ke Armory Crate.

Post Author: stepneyhardware